Minggu , 19 November 2017
Beranda / Artikel / Analisis Sistem manusia-Mesin dan Pemecahan Masalah Ergonomi Melalui Pendekatan Participatory pada Ruang Pengendalian Lalulintas udara Bandar Udara Ngurah Rai

Analisis Sistem manusia-Mesin dan Pemecahan Masalah Ergonomi Melalui Pendekatan Participatory pada Ruang Pengendalian Lalulintas udara Bandar Udara Ngurah Rai

Solichul Hadi A. Bakri

E-mail: shadibakri@uniba.ac.id

Abstrak

Tugas dan tanggung jawab dari seorang controller sangat berat karena harus memberikan pelayanan prima tanpa boleh melakukan kesalahan sedikitpun. Untuk dapat memberikan pelayanan dengan aman, nyaman dan efisien, maka interaksi manusia-mesin harus serasi satu sama lainnya. Analisis didasarkan pada hasil rekaman photo, rekaman wawancara dan pengukuran stasiun kerja. Untuk mengetahui pengaruh interaksi manusia-mesin, kepada 12 subjek shift malam diberikan kuesioner keluhan subjektif dan uji kecepatan, ketelitian dan konstansi dengan ‘Bourdon Wiersma Test’. Penelitian hanya di fokuskan pada ruang pengendalian ACC. Dari hasil pengukuran stasiun kerja dan rekaman photo ditemukan interaksi yang kurang sinergis antara man-mesin. Beban kerja operator lebih bersifat mental. Pada akhir jam kerja sebagian besar operator mengalami keluhan subjektif dan kelelahan Berdasarkan pendekatan ‘participatory’, secara umum controllers menginginkan adanya redesain stasiun kerja yang lebih ergonomis, seperti; perbaikan letak kontrol dan displai, penyekat antar ruang pengendalian, serta keamanan dan kerapian peralatan pendukung. Keinginan tersebut perlu direspon secara positif oleh pihak manajemen sehingga mereka merasa terlibat, berkontribusi dan bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan.

Kata kunci: sistem manusia-mesin, stasiun kerja, pendekatan ‘participatory’

Download Naskah

Cek Tulisan Berikut

Manajemen Risiko Kelelahan : Preskriptif versus Pendekatan Berbasis Risiko

Secara historis telah dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, meski tidak secara khusus untuk mengendalaikan kelelahan. …